Backpacker ke Dieng ? Ini Caranya

http://rovicky.files.wordpress.com/2011/05/dieng-merah-putih1.jpg

Sudah sejak lama  Dieng telah menarik banyak orang dari berbagai belahan dunia untuk mengunjunginya, bahkan tahun 1814 beberapa orang dari negeri Belanda sudah datang untuk mengunjungi Dieng, dan kapan persisnya dieng mulai ada penghuninya sampai saat ini belum ada yang mengetahuinya.
Kondisi saat ini masih banyak  yang bingung soal  jalur menuju Dieng, bagaimana caranya untuk sampai ke Dieng, transportasi apa yang akan saya gunakan, bekal apa yang harus di bawa dll.
Kali ini yang perlu digambarkan adalah jalur menuju Dieng, obyek wisata Dieng yang masuk Kabupaten wonosobo  dan Banjarnegara memiliki beberapa jalur pilihan untuk menjangkaunya, dan Wonosobo merupakan jalur yang paling banyak dipilih dengan pertimbangan lebih pendek tidak terlalu banyak tikungan dan lebih mudah dibanding dengan jalur melalui Banjarnegara.
Kondisi geografis dan topografis Wonosobo yang bergunung-gunung menyebabkan jalur transportasinya juga terbatas dan hanya dapat ditempuh dengan jalur darat, jenis yang dapat dipilih antara lain : angkutan umum bis,taxi ,travel ,mobil pribadi , sepeda motor atau alat transportasi darat lainnya seperti sepeda onthel misalnya.
http://tempatberlibur.files.wordpress.com/2012/01/candi-dieng.jpg 
candi dieng
Kota transit utama yang biasa digunakan oleh wisatawan adalah Yogyakarta, Solo dan Semarang
Untuk datang ke Dieng  dari berbagai Kota inilah jalurnya :
Yogyakarta
Terminal Umbulharjo dan Jombor  menjadi pilihan strategis bagi yang akan datang ke Dieng dengan menggunakan Bis, dengan menggunakan bis dari Yogyakarta menuju Wonosobo, terpaksa harus pindah bis di Terminal Magelang, jalur ini sangat mudah karena merupakan jalur Jogja – Semarang, dari terminal antar kota Magelang baru kemudian memilih bis jurusan ke Wonosobo, sampai terminal Wonosobo kemudian berganti angkutan kota menuju terminal bis Dieng Batur, disini dapat memilih mikro bis yang menuju Dieng.
Jarak dari Jogjakarta menuju Wonosobo sekitar 122 km dan waktu tempuh kira-kira 3.5 – 4 jam. Jalurnya adalah :
Yogyakarta-Sleman-Tempel – Muntilan-Magelang- Secang- temanggung-Parakan-Kertek- Wonosobo- Dieng.
Alterantif lain adalah Jogjakarta ke Wonosobo, lewat jalur Purworejo.dari Terminal Umbulharjo atau Gamping, menggunakan bis jurusan Purworejo dan ke Wonosobo.  Jaraknya  sekitar 120 km dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 3.5 jam. Jalurnya adalah :
Yogyakarta-Sentolo-Wates –Purworejo- Sapuran – Wonosobo – Dieng
Semarang
Terminal  Terboyo Menyediakan Banyak Bis jurusan  Semarang – Purwokerto melalui Wonosobo. Jaraknya sekitar 118 km dan waktu tempuh kira-kira 3.5 jam. Jarak dari semarang sampai dieng sekitar 145 km dan jalurnya adalah :
Semarang-Ungaran-Bawen-Ambarawa – Secang-Temanggung-Parakan -Kertek-Wonosobo- Dieng
 Solo
Jarak dari Solo sampai Wonosobo sekitar 180 km, waktu yang diperlukan sekitar  6 jam, Bis yang bisa digunakan adalah bis   jurusan Solo-Purwokerto  lewat Wonosobo dan jalurnya adalah :
Solo-Kartasura – Boyolali-Ampel – Salatiga-Bawen- Ambarawa -Secang-Temanggung-Parakan -Kertek-Wonosobo – Dieng
Jakarta
Banyak bis bagus  yang melayani trayek Jakarta-Wonosobo , di terminal  Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Merak ,Bogor Bekasi, Lebak Bulus dan Cimone, dapat dengan mudah dijumpai . Jarak  dari Jakarta ke Wonosobo sekitar  520 km, keberangkatan bis bisasanya sekitar jam 05.00 WIB sore hari dan sampai di Wonosobo menjelang fajar.
Jakarta -Purwokerto- wonosobo – Dieng
Magelang
Di terminal antar kota Magelang akan kita dapatkan banyak bis yang menuju Semarang, dan banyak juga yang langsung menuju Wonosobo, Jarak dari Magelang  ke Wonosobo sekitar 65 km dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam. Jalurnya adalah :
Magelang-Secang -Temanggung-Parakan -Kertek-Wonosobo
Bagi yang menggunakan mobil pribadi dapat memanfaatkan jalur yang lebih dekat yaitu :
Magelang-Secang- Temanggung-Parakan-Ngadirejo-Jumprit- Tambi- Rejosari- Ambil arah kanan – Dieng
Jalur lain yang cukup dekat dari Magelang  dari Borobudur-Wonosobo. Bis kecil dari Magelang ke Wonosobo tapi hanya sampai di sapuran,dari Sapuran ke Wonosobo jaraknya 18 km dan banyak sekali angkutan yang siap melayani anda. Jalur Borobudur-Wonosobo ini sering dijadikan alternatif travel Borobudur – Wonosobo dan mobil pribadi.
Purworejo
Jalur dari Purworejo  jarang  dipilih bisa jadi karena terlalu banyak  tikungan, Jalannya cukup baik namun berbekelok-kelok menanjak,banyak micro bis yang beroperasi. Micro bis jurusan Wonosobo biasanya mangkal di sekitar Purworejo Plaza dan  terminal lama , kalau dari  Jogjakarta dapat  turun di pertigaan Don Bosko, dan naik angkutan kota kemudian  turun di terminal lama atau di komplek Purworejo Plaza. Jarak Purworejo-Wonosobo sekitar 50 km dan waktu tempuh sekitar 2 jam. Jalurnya adalah :
Purworejo-Loano -Kepil-Sapuran-Kalikajar-Kertek-Wonosobo- Dieng
Purwokerto
Jarak dari Purwokerto sampai Wonosobo kurang lebih 120 km dan waktu yang dibutuhkan sekitar 3 jam. Banyak bis besar maupun kecil yang melayani jalur ke Wonosobo, bisa memilih jurusan Purwokerto- Semarang atau yang hanya sampai Wonosobo,  Jalurnya adalah:
Purwokerto-Sokaraja -Purbalingga-Bukateja -Klampok-Banjarnegara – Selomerto-Wonosobo- Dieng
Kebumen
Jalur ini sangat jarang di gunakan wisatawan menuju Wonosobo ada beberapa bis jurusan Wonosobo – Kebumen , akan tetapi sebenarnya ditengah perjalanan ada tempat wisata yang cukup bagus untuk istirahat yaitu Waduk Wadaslintang .Jaraknya sekitar 65 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2.5 jam. Jalurnya adalah:
Kebumen -Wadaslintang-Kaliwiro-Sawangan-Selomerto-Wonosobo- Dieng
Apabila sudah sampai di Dieng ,alat  transportasi menuju obyek wisata yang dapat digunakan adalah ojek dan andong, dan bagi yang menggunakan bis mikro atau mobil pribadi dapat langsung menuju tempat –tempat parkir disekitar obyek wisata.
Have a nice trips and lets enjoy Dieng.

No comments

Theme images by Sookhee Lee. Powered by Blogger.