Camping Ceria di Pantai Ngeden

Kalo ngexplore pantai di Gunung Kidul emang nggak ada habisnya, weekend kemaren gue abis camping di salah satu pantai di Gunung Kidul yaitu Pantai Ngeden atau nama lainnya Pantai Ngedan, namanya terdengar agak gimana gitu, mungkin ngeden diambil dari kata ‘eden’ yaitu taman surga, dan ngedan dari kata ‘edan’ yang mungkin berarti edan banget pemandangannya. Tapi pantai ini emang keren abis, terdiri dari pasirnya yang putih typical pantai pantai di Gunung Kidul, terus ada padang rumput yang lumayan luas cocok untuk camping dengan view lautan selatan Jogja, belom lagi tebing bibir laut yang tinggi menjulang dan diterpa ombak yang bisa kita nikmati pemandangannya dari atas tebing itu, asoy banget dah.
pantai ngeden

view dari atas tebing

Oke gue kesono bareng sama beberapa biji temen naik motor kira-kira waktu perjalanan dari kota Jogja sekitar 2-3 jam, nih gue saranin kalo kesono bawa motor yang tangguh, minimal bannya harus bener. Jalan kesono sih udah bagus aspalnya baru jadi masih mulus, tapi kalo udah mau sampe lokasi kita harus melewati jalan aspal rusak berbatu lebih mirip kayak kali kering  sekitar 2 KM,  abis itu baru deh nemuin jalan beton yang masih keliatan baru, tapi udah ada sebagian yang retak jadi hati-hati dalam berkendara, belum lagi jalan licin kalo abis hujan.
Dan jangan heran kalo seumpama ban bocor, tapi jangan khawatir soalnya di sepanjang jalan menuju lokasi udah ada beberapa tukang tambal ban yang standby 24 jam
jalan aspal masih mulus

jalan rusak sekitar 2 KM

jalan beton, udah mau sampai nih

ban bocor
tukang tambal ban
Kita sampai kawasan pantai Ngeden sekitar jam 7 malam, perlu diketahui kalo pantai ini masih belum tersedia listrik, jadi jalan dan area pantai kalo malam emang gelap gulita. disini juga sudah tersedia kamar mandi sederhana tapi airnya masih mengandalkan dari penampungan air hujan, jadi mungkin kalo musim kemarau kamar mandinya nggak ada air, cebok pake daun dah hehehe
Pantai ini juga udah tersedia lahan parkir yang lumayan luas, dengan biaya parkir (menginap) Rp. 10.000 / malam.
Disini juga udah dibangun jalan setapak dan beberapa buah gazebo yang masih keliatan baru
area parkir dan warung makanan
jalan setapak
Pantai ini juga masih bersih dan belum banyak pengunjungnya, jadi buat kalian yang pengen merasakan keindahan pantai yang masih alami silakan datang ke Pantai Ngeden. Lokasinya terletak di Padukuhan Bedalo Desa Krambilsawit Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS E8°6'58" E110°29'46"

Rute Pantai Ngeden dari Jogja :
Jogja » Imogiri » Panggang » Giriwungu » Perempatan Legundi Girimulyo ke kiri arah Saptosari » MTS YAPPI Jetis » Pertigaan setelah Masjid Nurul Huda ke Kanan » Lapangan Ngloro lurus » Pertigaan ke kanan » Pertigaan Ngejaman Ngondel ke kiri » SMPN 2 Saptosari » SDN Negeri Bibis » Pertigaan ke kanan ikuti papan petunjuk ke lokasi Pantai Ngeden

Rute Alternatif :
Jogja » Jalan Wonosari » Piyungan » Bukit Bintang atau Bukit Patuk » Sambipitu » Bangjo timur Lanud TNI AU Gading ke kanan menuju Playen » Pertigaan Pasar Playen ke kanan terus belok ke kiri arah Paliyan » Pertigaan Pasar Paliyan ke kiri » Pertigaan Polsek Paliyan ke kanan » Puslatpur TNI AD » Pertigaan setelah Telaga Namberan ke kanan » Pertigaan setelah Komplek Kantor Camat Saptosari ke kanan » Lapangan Saptosari » SDN 1 Jetis » Pertigaan depan Balai Desa Jetis ke kiri » Lapangan Ngloro lurus » Pertigaan ke kanan » Pertigaan Ngejaman Ngondel ke kiri » SMPN 2 Saptosari »SDN Negeri Bibis » Pertigaan ke kanan ikuti papan petunjuk ke lokasi Pantai Ngeden

Rute dari Wonosari :
Wonosari » Siraman » Wareng » Sodo » Pertigaan Polsek Paliyan ke kiri » Pertigaan setelah Telaga Namberan ke kanan » ikuti rute selanjutnya seperti di atas.