Mendaki Gunung Lawu via Cemoro Kandang

Hallo men, Salam Lestari... mau sedikit cerita tentang pendakian kemaren nih. Kemaren gue abis mendaki Gunung Lawu, gunung yang katanya paling angker di Pulau Jawa. Dalam rangka merayakan super-long-week-end kemaren gue bersama 8 temen lain mengadakan pendakian di Gunung Lawu di daerah Jawa Tengah, pokoknya lewat Solo, deket Tawangmangu. Lah ribet banget bikin kata-kata pembukanya, langsung aja deh gue mulaiy ceritanyee...begini...Cekidot...Lalalayeye...
Perjalanan dimulai hari Sabtu sekitar jam 4 pagi dari daerah Bantul, sebelumnya gue sama temen-temen nginep dulu di SD deket rumah temen biar paginya langsung cuss berangkat, karena kalo nggak pake cara begituan pasti bakalan ngaret jam berangkatnya. Oke kita berangkat jam 4 pagi (lebih dikit) pokoknya sebelum subuh dah, dan karena nggak ada yang tau rute pastinya jadinya kita pake teknologi GPS (baca: jipiez). Sekitar jam 5an kita transit di daerah Klaten untuk Sholat Subuh, dan ngecek posisi GPS abis itu lanjutin perjalanan, oh iya sepanjang jalan Jogja-Solo harap hati-hati deh karena banyak lubang dan jalannya nggak rata, anjir pokoknya bikin encok dah.
Sekitar jam 9 pagi Alhamdulillah kita sampai di Basecamp Cemoro Lawang, kaki Gunung Lawu, tempat dimana perjalanan mendaki dimulai.
Eh, untuk perjalanan dari Jogja-Cemoro Kandang nggak usah gue ceritain ya, pokoknya ada nyasar, puter balik, dan sebagainya, yah namanya modal GPS. Oke sebelum memulai pendakian kita ngisi amunisi dulu di warung makan seberang jalan Cemoro Lawang, makanan yang khas disini adalah sate kelinci/landak, tapi kita pesen soto ayam sama teh anget yang harus nunggu sekitar 45 menit baru jadi sotonya, keburu laper banget dah, mungkin yang dagang soto metik togenya di kawah gunung.
gapura cemoro kandang

Bismillah, sekitar jam 11an kita mulai mendaki ke pos 1, jalannya masih normal tapi ada beberapa tanjakan yang lumayan lah buat pemanasan, jarak antara basecamp ke pos 1 sekitar 1 jam jalan normal. Dan sebelum pos 1 kita akan menjumpai air terjun Studio Alam, kalo mau mampir di air terjun sih bisa tapi harus turun bukit dulu, kita sih lanjutin perjalanan ke pos 1 aja. Sampai pos 1 sekitar jam 12an, pos 1 disebut juga Taman Sari Bawah, kita istirahat bentar doang buat minum dan nglemesin otot, ada juga yang masang koyok di hidung biar nafasnya lancar soalnya udah mulai bau belerang.

pos 1 taman sari bawah
air terjun studio alam

Oke lanjut mendaki ke pos 2 yang jaraknya juga sekitar 1 jam jalan normal, jalannya lebih enak dari pada pas ke pos 1, banyak jalan menanjaknya dan banyak tanah landainya juga. Sempat beberapa kali istirahat untuk menghela nafas dan Alhamdulillah sekitar jam 1an sampailah di pos 2 atau disebut Taman Sari Atas, tiap pos di Gunung Lawu sepertinya dibangun tempat berteduh, semacam gubuk berdinding bata atau seng dan ada halaman untuk sekedar istirahat atau untuk mendirikan tenda. Bahkan jika mendaki lewat jalur Cemoro Sewu di pos 4 ada penjual makanan pecel dan lain lain, sayangnya kita lewat jalur Cemoro Kandang.

pos 2 taman sari atas

Setelah istirahat sekitar 10 menit kita lanjutin mendaki ke pos 3, pos dengan jarak paling jauh ini kira kira ditempuh dalam waktu 2 jam. Treknya lumayan terjal tapi ada tanah landainya juga, di sepanjang jalan kita juga udah bisa liat pohon bunga edelweis di kaki-kaki tebing, sayangnya edelweis belum musimya mengembang, cuma beberapa aja yang mengembang tapi masih berbentuk kuncup bunga. Trek yang lumayan jauh bikin gue kelelahan juga, apalagi di rombongan kita ada ceweknya 1 biji jadi sebisa mungkin dibanyakin.istirahatnya daripada doi nyerah ditengah jalan. Tapi gue akuin nih cewek super setrong banget, salute dah pokoknya. Di antara pos 2 dan pos 3 ada pos bayangan untuk sekedar istirahat, tapi kita putuskan untuk lanjutin perjalanan karena pos bayangan udah nggak ada tempat lagi karena udah ada beberapa rombongan yang singgah disitu. Sekitar jam 3an kita sampai pos 3, tempatnya penuh sampah berserakan, buset dah parah pokoknya. kita istirahat sekitar setengah jam disitu sambil ngisi amunisi dan ada yang tidur juga, kalo gue sih berjemur di terik matahari yang anget soalnya disitu udah mulai dingin.

Lanjut ke pos 4 dimana kita berencana akan mendirikan tenda disitu, jaraknya sekitar 1 jam jalan normal, treknya udah lumayan berat ditambah fisik yang udah lumayan capek, tapi mitosnya kalo mendaki disitu dilarang mengeluh, umpamanya capek nggak boleh ngeluh capek, gitu deh.
Sebelum sampai pos 4 si Pepe, temen gue udah mulai pusing dan mukanya pucet gitu, gue bilangin doi suruh istirahat bentar karena mungkin itu suatu gejala hipotermia. Setelah susah payah menanjak akhirnya kita sampai di pos 4 sekitar jam 5an, semua udah mulai kecapekan termasuk temen gue si Pepe, doi wajahnya udah pucet dan kalo diajak ngobrol udah agak nggak nyambung, langsung deh kita bangun tenda di pos 4.

Bener aja, si Pepe akhirnya tumbang dan langsung kita suruh masuk tenda, di dalem tenda doi udah nggak bergerak pokoknya kayak orang pingsan, serombongan panik semua langsung ngambil sleeping bag dan selimut buat nyelimutin doi. Pokoknya suasana saat itu panik deh, gue peluk doi di kakinya yag udah di selimutin sleeping bag 8 biji, ada yang peluk dikiri, di kanan, ada yang bacain surat surat Al-Quran, syiiitt pokoknya mencekam kayak ngliatin orang sakarotul maut. Hari semakin gelap, dingin semakin menusuk, dan si Pepe masih tak bergerak dan belum sadar, di luar tenda ada yang nyalain api unggun tapi karena dingin banget tuh kayu sama areng susah banget buat menyala, singkat cerita akhirnya akhirnya ada pergerakan dari si Pepe, Alhamdulillah walaupun doi masih belum sadar seutuhnya tapi syukurlah udah ada tanda tanda kehidupan.
Semakin malam udara semakin dingin banget, suer dah ini suasana paling dingin yang pernah gue rasain, udah pake jaket dobel, celana dobel, sempak dobel, nyawa dobel, kaus tangan, kupluk, dll masih aja menggigil dah ampe ingus gue aja langsung mengkristal gile benerrr. Kita disini bangun 2 tenda, rencananya sih yg tenda agak gede dipake buat cowok 8 biji terus tenda satunya buat naroh tas sama buat tidur cewek 1 biji itu, tapiiiiiii semua rencana berubah soalnya ada kejadian tadi itu, tenda 1 buat tidur si Pepe dan kawan kawan biar ngangetin doi, dan tenda 2 buat tidur gue dan temen gue cowok cewek tapi cuma ada 1 biji sleeping bag, yaudah sleeping bag dipake si cewek, gue sama temen gue pasrah menghadapi dinginnya malam, suer dingin banget dah ampe titit gue ilang saking kedinginannya. Malam berlanjut akhirnya temen cowok tenda 2 nyerah juga dan pindah ke tenda 1, jadinya tenda 1 diisi 7 orang dari kapasitas 6 orang. Tenda 2 yang kebetulan agak gedean dikit tinggal diisi berdua yang sama sama menggigil kedinginan. Singkat cerita jam 4an kita bangun buat nerusin jalan ke puncak Hargo Dumilah, puncak tertinggi Gunung Lawu. Setelah membakar tangan dan kaki di api unggun bersiaplah kita naik ke puncak, yang ikut naik pagi itu ada 6 orang dan 3 orang tinggal di tenda buat jagain si Pepe yang masih tergulai lemas.
Mulailah pendakian dari pos 4 menuju puncak Hargo Dumilah, sebenernya Gunung Lawu ada 5 pos, tapi sebelum pos 5 ada jalan pintas buat naik ke puncak, jarak dari pos 4 ke puncak juga cuma sekitar 1 jam perjalanan, dengan langkah kecil beriringan kita tapaki jalan terjal menuju sebuah puncak keindahan yang tak terbayangkan. Di perjalanan, matahari pagi sudah mulai menampakkan sinar jingganya yang menghangatkan badan para petualang, dan akhirnya setelah berjalan dengan penuh perjuangan tibalah kami di puncak Hargo Dumilah, asoyyyyyyy indah banget dah, rasanya semua lelah sudah lunas terbayarkan

Setelah puas foto-foto di atas puncak Hargo Dumilah, kita turun kembali ke pos 4, dan di jalan turun juga masih tetep foto-foto seakan nggak mau nglewatin pemandangan yang super indah ini. Ditengah perjalanan turun ke pos 4 kita bertemu 3 orang rombongan kita termasuk si Pepe yang wajahnya udah seger, mereka dalam perjalanan ke puncak juga. Alhamdulillah doi udah sehat.
Sampai di pos 4 kita bikin sarapan dan packing buat turun kembali ke basecamp. Sekitar jam 10 pagi kita beres packing dan bersiap turun, tak lupa berdoa dan foto-foto kami pun kembali turun. Alhamdulillah terimakasih Lawu...

(dari kiri) PEPE, NAJIB, AHMAD, JUPI, CAPUNG (jongkok), RAHMA, ADOT, DANI || yang fotoin: NANANG

TRIBUTE TO:
ALM. ERRY YUNANTO
 &
SELURUH PENDAKI YANG GUGUR DALAM PENDAKIAN

"Kelak Semua Akan Terlihat Kecil di Hadapan Tuhan." Erry Yunanto.

Theme images by Sookhee Lee. Powered by Blogger.