Backpacker ke Bali 2018 (cerita, budget, tips & trik)



Hallo. Lama banget nggak nulis beginian, kayaknya udah hampir setahun nggak ngisi tulisan ke blog ini.
Oke langsung aja gue mau cerita waktu kemaren liburan ke Bali bareng temen- temen geng jomblo 5 biji. Bali, siapa yang nggak tau tempat ini ? pulau di timur Jawa, tempat berlibur yang mungkin paling terkenal di Indonesia. Tapi, liburan ke Bali bagi sebagian orang pasti mikirnya sama aja menghambur-hamburkan uang. Apalagi bagi kita yang berada sekitar Jawa-Tengah mungkin mikir kalo liburan di Bali perlu biaya diatas 1 juta. Apalagi sekarang banyak agen tour dan travel yang nawarin paket liburan ke Bali, pasti harganya diatas 1 juta. Tapi benarkah liburan ke Bali semahal itu ? jawabannya ya tergantung sih. Kalo kita mau pake pesawat, penginapan mewah, makan di resto mahal, dll pasti ya harus nyiapin budget jauh diatas sejuta.
Nah, kali ini gue mau sharing pengalaman kemaren liburan ala-ala backpacker gitu lah. Mau tau total biayanya abis berapa ? yang pasti jauh dibawah 1 juta. Nggak percaya ? let’s check this out J
Update perjalanan gue ke Bali + Nusa Penida bisa kalian baca disini BACKPACKER KE BALI + NUSA PENIDA 2019 , tapi yang belom baca artikel disini mendingan baca dulu deh, soalnya banyak info info penting. Enjoyed
DAY 1
Sabtu pagi, 13 Agustus 2016 jam 06.30 gue udah sampe di stasiun Lempuyangan Jogja. Untuk perjalanan ke Bali, kita akan naik kereta ekonomi Sri Tanjung jurusan Lempuyangan – Banyuwangibaru dengan tarif Rp. 94.000,- lama perjalanan sekitar 14 jam, iya empatbelasjam ! bisa bayangin nggak tuh ? gue saranin sih sebelum berangkat sarapan dulu + bawa bekal nasi bungkus, air mineral, cemilan, kartu remi, papan catur, atau permainan lain, karena 14 jam di kereta akan terasa boring banget. Sebenernya di kereta juga jual makanan di gerbong restorasi, tapi ya harganya jangan tanya deh :p


stasiun Banyuwangi Baru

Oke sampai di Banyuwangibaru sekitar jam 21.30, kemudian kita langsung menuju ke Pelabuhan Ketapang. Jarak  stasiun Banyuwangi baru ke pelabuhan Ketapang sekitar 15 menit jalan kaki, tinggal keluar stasiun jalan lurus ampe jalan gede terus belok kanan lurus ampe jembatan, nah abis jembatan udah sampe pelabuhan tuh. Diluar stasiun biasanya banyak yang nawarin angkot, ojek atau becak menuju ke pelabuhan, tapi karena jaraknya nggak jauh-jauh amat mendingan sih jalan kaki aja. Sampai pelabuhan langsung beli tiket penyeberangan, harganya Rp. 6.000 / penumpang, abis itu langsung aja deh naik ke kapal. Penyeberangan Ketapang- Gilimanuk sekitar 1 jam dan tersedia 24 jam. Sampai di pelabuhan Gilimanuk sekitar jam 00.00 WITA, jam di handphone udah berubah bertambah cepet 1 jam. Welcome to Bali :)))


numpak kapal brooo
muka-muka bantal

Setelah turun kapal jangan lupa nyiapin KTP karena ada pemeriksaan di pintu keluar pelabuhan. Lanjut abis itu kita menuju terminal Gilimanuk untuk nyari bus tujuan Ubung Denpasar, letak terminal Gilimanuk tinggal ikutin jalan dari loket pemeriksaan KTP lurus aja sekitar 200 meter. Oh iya, semenjak di pelabuhan Ketapang sebenernya udah ada bus yang nawarin untuk ke Denpasar, di kapal ferry juga pasti ada yang nawarin bus ke Denpasar, jadi tinggal pilih aja mau naik bus dari mana. Tarif bus Gilimanuk- Ubung Rp. 35.000/ penumpang dan waktu tempuh sampe terminal Ubung sekitar 4-5 jam, kadang ada calo yg nawarin tiket bus sampe Rp. 50.000, tetep waspada teman-teman, dan jangan lupa nawar.

DAY 2


Sesampai di Terminal Ubung waktu udah menunjukan jam 04.30 WITA, turun dari bus kita disambut lusinan calo, supir angkot, supir taksi, ojek dll. Kemaren gue sempet baca-baca artikel katanya  calo di Terminal Ubung agak  galak-galak gitu, makanya disuruh waspada dan jangan kayak orang bingung biar nggak jadi sasaran empuk calo ubung. Apalagi calo nawarin tarif angkot ke daerah Kuta harganya Rp.30.000/ orang, gila bener... Kita istirahat bentar di minimarket seberang terminal (dan masih diikuti pak calo), rencana kita mau pake grab (sejenis taksi online) menuju ke daerah Kuta, langsung aja deh pesen pake aplikasi di smartphone, ehhh pas supirnya mau sampe kok disuruh cancel, ternyata supirnya sebelum sampai terminal udah dicegat sama calo tadi, dan mau dipukulin. Faking syittt ! ngeri amat yak. Usut punya usut ternyata transportasi online di daerah sini udah dilarang, yah terpaksa kita jalan kaki sekitar sekilo menuju Masjid Darussalam Ubung sekalian sholat subuh dan nunggu matahari terbit. Jam 06.30 kita coba pesen grab lagi sambil liat situasi jikalau masih ada calo yang ngikutin kemari, dan beberapa saat kemudian supir grab datang dengan gantengnya, langsung dengan penuh semangat kita naikin supirnya mobilnya. Tujuan kita adalah Losmen Arthawan di jalan Poppies Lane 2. Sampai di Arthawan sekitar jam 7 pagi dan kita langsung check-in untuk 2 malam, harga /malam di losmen ini Rp. 50.000/ orang (1 kamar bisa diisi 3 orang)  atau Rp. 70.000/ kamar (1 orang), kita pesen 2 kamar, 1 kamar diisi cowok 3 biji, 1 kamar lagi buat cewek 2 biji. Fasilitas losmen Arthawan ada teras/ balkon, kasur mayan gede, kamar mandi dalam, lemari dan kipas angin. Eh ada free breakfast juga loh, menunya kopi/ teh anget + banana pancake/fried egg on bread + fruit (potongan nanas dan pisang). 
Alamat Losmen Arthawan: Jalan Poppies Lane II, Legian, Kuta, Kab. Badung, Bali 80361. Telp. (0361)752913.


losmen ARTHAWAN
ada endok dibawah roti

view kamar dari balkon


view dari balkon lantai 3 losmen Arthawan

Sampe di kamar kita langsung mandi dan istirahat bentar karena siang ini pada ngajakin pergi ke Garuda Wisnu Kencana (GWK). Sebenernya sih rencana hari ini mau full buat istirahat di losmen dan sorenya ke Pantai Kuta buat nonton sunset, tapi kaki udah pada gatel pengen cepet-cepet main ke tempat wisata dimari. Ya udah jam 11 siang kita berangkat ke GWK dengan menggunakan Grab car, tapi sebelumnya kita jalan dulu buat nyari sarapan.

tips:

Losmen Arthawan kalo musim liburan atau weekend biasanya penuh, dan sepertinya di aplikasi booking hotel online belum tersedia, jadi kalo mau nginep dimari usahakan dateng pagi buat booking kamar dan tunggu ampe sekitar jam 10 pagi dimana biasanya banyak tamu yang mau check-out.

Jika mau nyari makanan atau makan di sini tanyalah terlebih dulu harganya juga ke-halal-annya, yang terpenting nasinya dibanyakin sama minta tambahan kuah :p , kalo nyari yang agak murah bisa cari penjual nasi keliling di sekitar jalan legian atau jalan pantai kuta, biasanya mereka pake motor yang belakangnya dikasih keranjang. Harga untuk nasi bungkus dengan lauk sayur + ayam/ ikan/ daging cuma Rp.7000 doang loh.

Oke lanjut, perjalanan ke GWK sekitar 1 jam pake grab car. Kenapa kita pake grab ??? soalnya aplikasi ini lagi ngasih diskon atau potongan Rp. 30.000 tiap transaksi pertama, jadi kita berlima download aplikasi ini semua, lumayanlah 5 x naik grab car 5 x pula dapet diskon 30 ribu. Tarif dari Kuta sampe GWK sekitar 60 ribu dipotong diskon 30 ribu jadinya cuma bayar 30 ribuan. Kapan lagi naik mobil jauh gini cuma bayar 6 ribu / orang :p

Sampai di GWK sekitar jam 1 siang, cuaca yang cukup panas disambut dengan suara gamelan khas Bali yang menenangkan hati. Tiket masuk ke GWK lumayan mahal, eh nggak lumayan juga sih tapi beneran mahal. RP. 70.000,- untuk ukuran backpacker sih ini mahal banget, dituker nasi bungkus Kuta aja bisa dapet 10 bungkus. Oke tapi nggakpapa lah udah sampe sini juga akhirnya tetep beli tiket 5 biji.









Guys, yang pengen tau tentang Garuda Wisnu Kencana, dari sejarah sampe schedule acara bisa di cek official web-nya dimari

Nggak kerasa udah jam setengah 5 sore, setelah puas-puasin foto di GWK, kita balik ke Kuta. Kali ini kita pake Trans Sarbagita, sejenis Busway-nya Bali dengan tarif Rp.2500 / orang, lumayan terjangkau deh. Tanya sama penjaga busnya katanya kalo mau ke Kuta dari sini harus transit dulu di halte Tegal, okelah kita ikutin petunjuknya. Sampai di halte Tegal kita turun kemudian nunggu bus selanjutnya, tapiiiiii setelah nunggu lumayan lama banget sekali kok busnya nggak muncul-muncul, wah parah nih bisa nggak kekejar sunset sore ini. Akhirnya gue berinisiatif pesen Grab Car lagi menuju ke Pantai Kuta, tak lama menunggu supir Grab dateng juga, waktu udah nunjukin jam 6 sore dan sunset di Bali sekitar jam 18.18 WITA. Dan akhirnya setelah menembus kemacetan sampailah kita di Pantai Kuta. But wait.... mataharinya udah ilangggg... wah telat deh hari pertama nonton sunset, belom rejeki lah.
Kita di pantai sampai jam setengah 8 kemudian balik ke losmen buat istirahat. Di perjalanan pulang nggak lupa kita beli nasi bungkus 7000an di jalan deket pantai buat ntar makan malam di losmen.


sunset rada telat

DAY 3

Oke hari pun berganti, schedule perjalanan hari ini udah menanti. Rencana hari ini kita mau ke obyek wisata Sangeh, Bedugul, dan Kintamani pake motor rental. Rental motor di Bali cukup banyak, tarifnya antara 50 ribu sampe 70 ribu / hari, bisa nyari di google atau di pinggir jalan sekitar legian biasanya mudah dijumpai jasa rental motor. Kalo nggak mau ribet, losmen Arthawan juga nyewain motor dengan harga 70rb/ hari.
Sekitar jam 10 siang perjalanan dimulai, tempat tujuan pertama ke Sangeh Monkey Forest.
Jarak dari losmen ke kawasan Sangeh pake motor sekitar 1 jam perjalanan, oh iya jangan lupa pake handbody atau sun block soalnya di Bali panas banget brooo.
Sangeh adalah sebuah hutan kecil yang dihuni ratusan monyet jinak, di tengah-tengah hutan terdapat Pura yang cukup megah, yang terpenting disini tuh bersih banget, nggak ada sampah sama sekali. Coba semua tempat wisata di Indonesia bersih kayak gini pasti bikin betah. Keep clean guys, buanglah mantan sampah pada tempatnya.
Tiket masuk obyek wisata Sangeh Rp. 10.000/ orang, kalian juga bisa beli kacang-kacangan di warung sekitar loket masuk seharga Rp. 2000 buat ngasih makan monyet.





Next destination: Bedugul, Bedugul adalah sebuah daerah atau kawasan wisata yang terletak di desa Candikuning, kecamatan Bedugul, Kabupaten Tabanan, jarak dari Sangeh sekitar 1 jam perjalanan. Nah disini kita mau menuju obyek wisata Pura Ulun Danu Bratan yang terletak di ujung danau Beratan, pura Ulun Danu dibangun pada awal abad ke-17 dan dijadikan sebagai pura Subak (sistem irigasi di Bali), Liburan Bali, Akomodasi, Panduan Wisata pura Ulun Danu dibangun untuk memuja Dewi Danu (Dewi air/Dewi dari kesuburan).






Nggak kerasa udah sore aja, saatnya pulang. Rencana awal mau ke Kintamani nggak jadi soalnya udah jam 4 sore, akhirnya kita putuskan untuk ke Pantai Seminyak liat sunset. Pantai Seminyak letaknya di deket Kuta, jadi bisa sekalian arah jalan pulang ke losmen, lanjut deh tancap gas kesana. Nampaknya mendung udah menyelimuti sepanjang perjalanan, dan bener aja abis setengah jam perjalanan balik hujan pun turun, langsung aja kita pake jas hujan yang dibawa dari Jogja. Hawa dingin sepanjang perjalanan hingga sampailah kita ke Pantai Seminyak. Abis markirin motor gue sempet dikasih tau ama tukang parkirnya kalo sunsetnya udah kelar 5 menit yang lalu, anjayyy telat lagiiii... 2 kali ngejar sunset 2 kali juga telat. Tapi nggakpapa lah masih ada besok hari terakhir sebelum balik ke Jogja. Semoga hari terakhir besok bisa liat sunset.


telat nyunset lagi
Kita di pantai Seminyak lumayan lama, sampe sekitar jam 8 malem. Soalnya pantai ini dikasih lampu sorot jadinya walaupun malam hari nggak terlalu gelap, dan pasir di sini keliatannya lebih halus daripada pantai Kuta loh.
Abis puas main-main di seminyak, kita balik ke losmen buat mandi dan makan karena malemnya pada ngajak keluar lagi jalan-jalan di sekitaran monumen bom bali buat foto-foto malam terakhir di Bali.
Oh iya, jarak dari losmen Arthawan ke Monumen Bom Bali cuma sekitar 5 menit jalan kaki, tinggal keluar losmen kemudian belok kanan arah jalan Legian, sampe deh.

DAY 4
Bunyi alarm handphone terdengar bersautan pada jam 4 pagi, rencana pagi ini kita mau ke pantai Sanur buat menyaksikan matahari terbit, buru-buru kita cuci muka dan menuju parkiran motor. Jarak tempuh ke Pantai Sanur kurang dari 1 jam, tapi dinginnya nggak nahannn. Dengan jaket dan motor matic rental kita melaju menembus udara pagi kota ini. Sampai di Sanur masih gelap gulita, ternyata setelah gue buka aplikasi cuaca di handphone, sunrise di Bali itu dimulai jam 6.30 pagi, jadi kita masih harus nunggu sekitar 1 jam lebih. Nggakpapa lah dari pada telat lagi hehe...

selamat pagi, BALI 



Gue juga sempet bikin time lapse sunrise di Pantai Sanur, bisa dilihat disini
Jam setengah 8 kita balik lagi ke losmen buat sarapan dan packing karena jam 11 siang mau check-out. Walaupun belum puas dan masih banyak tempat yang belum dikunjungi, dengan terpaksa malam ini kita udah harus balik ke Banyuwangi buat ngejar kereta besok pagi menuju Jogja.
Hari terakhir rencana mau ke Tanah Lot, tapi salah satu temen lagi dapet, jadinya hari ini kita fokus buat beli oleh-oleh dan sorenya nyunset di Pantai Kuta.
Dari siang ampe sore kita keliling beli oleh-oleh, dari beli baju ampe pie susu kemudian sore pun menjelang. Sambil bersantai di tepian Pantai Kuta, kok kerasa ada yang kurang, dan baru inget kalo belom beli arak bali. Oleh-oleh yang satu ini emang nggak boleh dilewatin, kebetulan temen di Jogja pada nitip oleh-oleh ini, tapi nyari arak bali di sekitar Kuta emang lumayan susah, sampe searching di Google tetep nggak nemu. Yaudah gue ama temen berdua jalan keliling legian sambil nanya orang dimana yang jual arak. Akhirnya setelah berjalan berkilo-kilo kita nemu juga warung yang jual arak bali. Dan ternyata udah jam 6 sore aja, alamat nggak liat sunset lagi nih, gapapa deh demi oleh-oleh buat temen dirumah :')
Malemnya kita balik lagi ke Terminal Ubung pake Grab lagi, kemudian nyari bus jurusan Gilimanuk. Sampe Gilimanuk udah jam 12 malem, langsung aja nyebrang ke Pulau Jawa pake ferry.
Sampai di Pelabuhan Ketapang masih jam 2 pagi dan Stasiun Banyuwangibaru masih tutup jadi kita tidur di teras stasiun nunggu jam 6.30 kereta Sri Tanjung dan kembali pulang ke Jogja :)))

And thennnn.... mari kita hitung total biaya liburan kali ini. abis berapa duit sih ???


See ??? Nggak mahal kan. cukup bawa 700 ribu kita udah bisa berlibur ke Bali :))
Oke cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Kalo ada pertanyaan tentang liburan ke Bali bisa comment di bawah yaa...
See you guys ! And happy holliday :))


Eittsss, gue kasih bonus foto-foto DI BUANG SAYANG :)))

Adit, jomblo 5 tahun. pemuda harapan janda bangsa

ini gue. sementara yg lain naik motor boncengan, gue cuma bisa boncengin carrier

Amak, jomblo syariah. taun depan doi mau nikah

Melani, jomblo tapi banyak gebetannya. sosok paling narsis diantara kami berlima

Amad (yang kiri), orang jawa asli tapi muka keturunan tionghoa
sumpah, gue nggak bawa pisang

mau tawuran vs suzuran

 don't touch

selamat ulang tahunnn

berubahhhhh

ini apaan ?

geng ndlogok
all crew
gabung di grup line Backpacker ke Bali untuk sharing info dan pengalaman



72 comments:

  1. bagus nih buat referensi ... saya rencana dari bogor ke bali lewat jalur hemat . eh jalur darat .. makasih info nya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas. selamat berlibur... 😄

      Delete
    2. Ingin cari hunian Apartemen di Denpasar, Bali? Bisa ke TAT aja karena kami memiliki fasilitas lengkap dari Private Office, Swimming Pool, Yoga Studio, Gym dan masih banyak lagi fasilitas penunjang lainnya. Kami juga menyediakan Sewa Kantor di Denpasar, Bali bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dalam berbisnis. Baca juga tips memilih berkantor di Bali.

      Delete
  2. Kerenn nih. Kira2 kalo bawa anak umur 3 tahun ribet ga ya ? Trus tetep dihitung 1 tiket kan untuk semua transportasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat backpaacjer gini mungkin agak ribet mas. terutama pas di kereta pasti anak jadi boring karena nunggu 14 jam 😁
      untuk tiket kereta anak 3 th gratis mas. tapi nggak dapet tempat duduk (dipangku). kalo transport lainnya bisa dinego ditempat 😀😀

      Delete
  3. Mas kasih tips dong agar terhindar dari calo-calo, dan kasih gambarannya kondisi di terminal ubung katanya calo nya galak-galak, apa bener dan sebaiknya kita gimana turun sebelum terminal ubung atau gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku rencana sabtu ini mau berangkat kesana dari yogyakarta juga

      Delete
  4. Ini tahun 2016 atau 2018 kak bacpakerannya ?
    Kalau cewek ke bali sendirian ngeri ngga ?

    ReplyDelete
  5. Mba rencana ke bali kapan? Bareng yuk sama aku backpackeran gini seru kayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mei tgl 10-13 an mba, boleh lah kuy, aku gaada temen brngkt tapi uda booking hotel dkk.ke bali kapan emng mba kmunya ?

      Delete
    2. Wah mba2 pada pingin ke bali ya? Saya ikut lah hayuk... Hehehe biar ada barengan nya :)

      Delete
  6. Apakah terminal ubung aman? Soalnya baca2 kok preman sama calo di terminal ubung horor yaa? Ada tips mngkin biar aman di terminal itu? Makasih

    ReplyDelete
  7. Wah boleh juga infonya,rencana pertengahan juni nanti saya pemuda th 80an mau traveling ke banyuwangi,rasanya perlu juga nih nyebrang ke bali,trims infonya bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Anjiiiirrr...
    Jadi pengen cepet2 lets go nih masbro zoelvan haidar..!!!
    Padahal tinggal nunggu temen kelarin anu nya,,paling 2--3hari lagi kita berangkat.
    Tapi gegara baca nih anuan,,jadi kebelet pengen buru2 letsgo!!!

    Good artikel masbro!!!
    Tangyu por yu inpo...
    Muuuaahh

    ReplyDelete
  9. Manttaaap bos pengen ke bali

    ReplyDelete
  10. Thanks mas bro Zoelvan Haidar utk pengaamannya brbagi kpd kita ini info sngt brharga yg ingin traveling dgn buget min tp hati bahagia 🙏😇👍 sukses terus utk mas bro ZH..

    ReplyDelete
  11. Kak, groupnya ga bisa join via qr code. Boleh tolong invite ga?

    ReplyDelete
  12. mas van, saya dari bandung. Insyaallah akhir lebaran 2019 mau ke Bali ber3 cw semua,kl dari gilimanuk bis nya ada jurusan jimbaran ga? rata rata review dari gilimanuk ke ubung knp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, banyak bus jurusan ke daerah daerah di bali. Tinggal pilih

      Delete
  13. kl tiba di gilimanuk tengah malam-3pagi mending stay di tempat atau lanjuut?khawatir ga aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjut gapapa. Perjalanan naik bus sampe denpasar juga masih 4-5 jam. Jadi sampai denpasar pagi

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Wah.. seru banget kayaknya backpakeran ke Bali sama temen-temen.
    Udah nyoba ke Nusa Penida atau Nusa Lembongan kak? cuma 45menitan dari Sanur.
    Banyak destinasi hits dan keren disana, cocok buat backpakeran karena bisa sewa motor juga buat keliling2 di pulau itu.

    ReplyDelete
  16. Tips ngadepin calo nya dong bang?

    ReplyDelete
  17. ini Ka Melani Alumni ATA YKPN Bukan ya ? Kaya nya gue kenal.

    ReplyDelete
  18. Kalo lebaran k bali kira2 rame gk ya?

    ReplyDelete
  19. Kak tanya2 dung rencana mau ke bali neh tp pas lebRan bsok. Kira2 butuh biaya berpa ya? ,

    ReplyDelete
  20. selamat siang, saya Sendy Ludju mahasiswi dari Universitas Udayana Bali. Saya sedang melakukan penelitian untuk skripsi saya mengenai Grab pada wisatawan yang berkunjung ke Bali. Bolehkah saya minta waktunya sebentar untuk mengisih kuisioner saya?

    ReplyDelete
  21. Ikutan nimbrung ya mas

    Liburan Keluarga/Tour/Foto Preweeding/ Ada Urusan Bisnis/Event...Kami Siap Membantu Anda. Dengan biaya yang murah di Bali.

    Mau TOUR di Bali.. Jangan lupa menghubungi Saya.

    Pemesanan tour and travel ke bali harga murah

    Info lebih lanjut .
    Contak person
    Rizal
    M/WA : 081338821975
    HP. XL : 081703458630
    Email : rizal.balii84@gmail.com
    http://ananta-transpot.simplesite.com

    ReplyDelete
  22. Pake motorx di Bali aman kah? Sepertinya agak2 ngeri gitu, jalanan curam berkelok-kelok mendaki.. terus harga grab dhtung jarak per-kilometer ato gimana mas? Ponakan ngjak jln k Bali,tp sblmx sy tnggal terima dmobil sj mkx bingung kl diajak mandiri bgni..

    ReplyDelete
  23. Calo atau preman di terminal ubung galak2, sy juli 2017, diserang calo mirip2 preman, saya dibentak2 karena gak mau beli tiket bus lewat calo, akhir nya saya kalah juga beli tiket bus Denpasar ke Surabaya seharga 200 ribu, ternyata pas naik bus nya jurusan jember, pas udah bayar tiket calo maksa bawain tas gemblok saya. jelas saya gak mau sampe tarik menarik, untung tas saya gak sampe rusak. sangat di sayangkan kelakuan calo dan preman terminal ubung yang emang terkenal sangat meresahkan bagi wisatawan dan saya mengalami sendiri, jadi parno padahal pertengahan juli 2019 mau ke bali lagi lewat darat lagi... apakah bisa turun sebelum terminal ubung? trus pas balik mau ke ketapang apakah bisa dari terminal lain selain ubung ?

    ReplyDelete
  24. Mau ke bali nih tanggal 22 juli 2019, backpackeran kali ada yang mau barengan. Saya dari bogor

    ReplyDelete
  25. Gue lg jalan neh ke bali bareng suami n bocil jalur darat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencana Oktober k Bali sama Bocil jg ni.. sharing tmpat tinggal sma transport dong

      Delete
    2. Klo perlu transport bisa call 081338821975 ya. Siap jemput di bandara atau di hotel.

      Delete
  26. Besok tgl 18 agustua 2019 mau ke bali lewat jalur darat. Mau tanya kalo dari terminal gilimanuk beli tiketnya dimana ya? Apa ada loket buka pas jam tengah malam? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ke busnya. Bayar sama sopir

      Delete
    2. Barengan kak, saya dr surabaya mau backpakeran juga tgl 18/8/19, via kereta,

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  27. Klo naik bus langsung udah include dengan biaya kapal nyebrang Gilimanuk...klo naik mobil pribadi bisa langsung beli di loket di Gilimanuk. 24 jam penyebrangan nya

    ReplyDelete
  28. ada yang mau barengan gak dari jakarta ke ba;i naik jalur kereta. kisaran berangkat tgl 21-24 agustus 2019

    ReplyDelete
  29. Ada yang mau ke Bali kah sekitar bulan Oktober awal????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tau okt tgl brp ya..
      Aq rencana thl pertengahan, 16 17an...

      Delete
    2. Sy brgkt tgl 21 okt, sdh jd brgkt blm?

      Delete
  30. K kalo dari kuta ke gilimanuk naek apaan yahh? Trus harga kartu di pelabuhannya berapa?

    ReplyDelete
  31. Adakah di bulan september ini yg mau ke bali ? Klu ada boleh sy bergabung ? Sy dr sidoarjo,pengan tau rasanya nyampe bali.tp tidak ada teman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya september ini tanggal 10 han mau ke bali dari surabaya sama temen saya.

      Delete
    2. saya tanggal 22 mau ke bali.. kuy kalo mau bareng

      Delete
    3. Kak . Udah ke bali belom? Kalo belom akhir october ke bali bareng ya. Kirim email ke daniklestaro430@gmail.com

      Delete
  32. Rencana berangkat tgl 30 september bareng doi wkwk, tengkyuu agann informasinyaaaa.
    Sekali2 lah backpackeran, itung2 paket hemat juga wkwk

    ReplyDelete
  33. Ada yg mau bln okt pertenghan g?
    Ngiikuutt...

    ReplyDelete
  34. Thank for visit Bali ISland. Back again for more experience

    ReplyDelete
  35. Hemat dan bersahaja.. referesnr buat oekerja mula mula yang pingin nyamperin sodara di bali tapi bingung naik apa aja buat sampe sana (penting ngga naik pesawat bisa buat berkali kali liburan ke bali) hehehe..

    ReplyDelete
  36. Gmn ya carany kita backpacker daerah baru tp belum tau rute naik apanya ke tempat yg mau kita tuju..ada tips buat saya terima kasih artikelny nanti bisa saya tiru thanks

    ReplyDelete
  37. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  38. Kalau mau yang simpel sampai Bali, bisa coba tu naik travel Jember Denpasar saja, baru dech lanjut jalan2 disana

    ReplyDelete

Theme images by Sookhee Lee. Powered by Blogger.