Backpacker ke Bali dan Nusa Penida 2019

Hai guys, lama banget nggak nulis konten.
Setelah postingan terakhir soal "piknik" yang udah lumayan sangat lama banget sekali dan karena banyak yang request "mas, kok nggak nulis lagi?" "mas, ditunggu postingan selanjutnya" "mas, blog lu sepi, kapan nulis lagi?" "mas, nikahin saya dong". Oke, akhirnya gue nulis lagi, kali ini gue mau nulis tentang pengalaman kemaren nge-gembel lagi ke Bali bareng, kali ini ditambah destinasinya ke Nusa Penida. Oke kita mulai saja dah *nyruput kopi item*
Sebelum gue mulai, bagi yg belom baca artikel gue sebelumnya tentang backpacker ke Bali, bisa baca disini BACKPACKER KE BALI 2018

DAY 1
Jogja - Bali
Hari Sabtu jam 7 pagi mulailah awal perjalanan dari Stasiun Lempuyangan menuju Stasiun Banyuwangi Baru, perjalanan sekitar 14 jam, yak betul 14 jam.
Sampai di Banyuwangi sekitar jam 9  malam langsung jalan kaki aja ke Pelabuhan Ketapang, jaraknya nggak terlalu jauh dari stasiun. Sebelum masuk pelabuhan gue beli nasi bungkus di depan pelabuhan, harganya 7 ribu lumayan buat ganjal perut sekalian nunggu bus jurusan Bali dateng.
Jam 11 malem bus jurusan Jember-Bali baru datang, oke kita langsung naik bus dan tidur -_-
di atas kapal ferry

rekap pengeluaran hari pertama
- Tiket kereta Sri Tanjung  lempuyangan - banyuwangi baru        Rp. 94.000,-
- Bus dari pelabuhan ketapang - tabanan bali                             Rp. 50.000,-
- Makan minum      1. Sarapan nasi uduk di Lempuyangan          Rp. 10.000,-
   2. Nasi bungkus di stasiun surabaya gubeng  Rp. 10.000,-
   3. Nasi bungkus di pelabuhan ketapang         Rp. 7.000,-
Total pengeluaran hari pertama: Rp. 171.000,-

DAY 2
Explore Bali
Hari minggu jam 4  pagi, setelah asyik tidur di bus akhirnya gue tiba di Tabanan. Mengapa turun di Tabanan ? karena di Tabanan gue ada temen yang mau ngasih tumpangan nginep dan minjemin motor juga + jadi tour  guide wkwk.
Sekitar jam 5.30 pagi, setelah istirahat dan bersih-bersih, mulailah petualangan meng-explore Bali. Tujuan yang pertama adalah gerbang Handara Resort, lokasinya di deket Pura Ulun Danu Beratan atau Bedugul. Disini kita bisa foto-foto di gerbang yang instagramable berlatar pegunungan dengan awan kabut yang asoy banget dah.

Handara from top
Handara Gate

Setelah puas berfoto, lanjut perjalanan ke Danau Tamblingan yang jaraknya nggak begitu jauh, menaiki jalan berbukit melewati Danau Buyan dengan view 3 danau dari atas bukit dan cuaca dingin khas pegunungan.
Danau Tamblingan adalah sebuah danau yang letaknya di lereng utara Gunung Lesung, desa Munduk, Banjar, kabupaten Buleleng. Danau ini merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di sebuah kaldera besar.
Di danau ini ada sebuah pura bernama Pura Ulun Danu Temblingan. Selain untuk  beribadah masyarakat sekitar, danau ini juga banyak wisatawan yang datang untuk camping di tepi danau, ada juga yang foto preweding disini. Asik

danau Tamblingan
view dari drone

ini juga

Tujuan selanjutnya adalah Desa Adat Penglipuran, lokasinya sekitar sejam perjalanan.
Penglipuran adalah salah satu desa adat dari Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia. Desa ini terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Bali kerena masyarakatnya yang masih menjalankan dan melestarikan budaya tradisional Bali di kehidupan mereka sehari-hari. Arsitektur bangunan dan pengolahan lahan masih mengikuti konsep Tri Hita Karana, filosofi masyarakat Bali mengenai keseimbangan hubungan antara Tuhan, manusia dan lingkungannya. Mereka berhasil membangun pariwisata yang menguntungan seluruh masyarakatnya tanpa menghilangkan budaya dan tradisi mereka.

Desa Adat Panglipuran

Oke next destination kita mau nyari sunset di Tanah Lot, tapi sebelumnya gue mau balik dulu ke Tabanan buat mandi dan istirahat bentar.
 Jam 5 sore gue berangkat ke Tanah Lot, lama perjalanan sekitar setengah jam.
Tanah Lot, seperti biasa ramai pengunjung terutama sore hari. Weekend atau weekday tetep ramai wisatawan yg datang untuk berburu sunset disini.

sunset di Tanah Lot

antri air suci

mbaknya

ini juga mbaknya

Sekitar jam 7 malam gue balik ke Tabanan, sebelumnya makan malam dulu di restoran ayam betutu, makanan yang nggak boleh dilewatkan kalo lagi main ke Bali.

rekap pengeluaran hari kedua
- Pertamax motor                                                                 Rp. 30.000,-
- Tiket masuk Handara gate                                                  Rp. 20.000,-
- Kopi item  dan cemilan di atas Danau Buyan                        Rp. 8.000,-
- Makan siang di Gianyar                                                      Rp. 15.000,-
- Tiket masuk Desa Penglipuran                                            Rp. 10.000,-
- Tiket masuk Tanah Lot                                                       Rp. 20.000,-
- Makan malam ayam betutu                                                Rp. 25.000,-
Total pengeluaran hari kedua: Rp. 128.000,-

DAY 3
Bali – Nusa Penida
Hari Senin jam 4.30 pagi, mata yang masih lengket dipaksa bangun untuk sahur puasa hari pertama.
Pagi ini rencananya gue akan ke Nusa Penida via Padang Bai pakai kapal ferry atau biasa disebut kapal Roro, karena jadwal kapal yang masih simpang siur kabarnya, ada yang bilang jam 8 pagi, jam 10 pagi, jam 11 siang, jam 1 siang, dll, dsb, dst, makanya gue jam 7 pagi berangkat dari Tabanan ke Padang Bai, sampai di pelabuhan sekitar jam 8.30 pagi. Setelah beli tiket, baru deh gue dikasih tau jadwal kapal ferry  berangkat jam 12 siang, anjir.
Oke, sebelumnya gue mau cerita, sebenernya gue nggak kepikiran buat ke Nusa Penida, rencana awal sih Cuma mau explore Bali aja, tapi nggak tau kenapa bisa sampai Nusa Penida hahaha.
Masih ada waktu sekitar 3 jam buat nunggu kapal ferry dateng, gue pake buat tiduran,  foto-foto, nerbangin drone, sama kenalan sama bule-bule.
Nah kebetulan dimari gue ketemu bule dari Mauritius *cmiiw* namanya Keves/Kehves/Kevin lupa gue namanya, doi juga mau nyeberang ke Nusa Penida dan doi nawarin buat nginep di hotelnya juga, mayan nginep gratisss wkwk.
Jam 12 siang kapal dateng, setelah nunggu bongkar muat kapal sekitar 30 menit akhirnya gue bisa masuk ke kapal ferry. Kapal berangkat dari Padang Bai jam 1 siang, lama perjalanan nyebrang selama 1 jam.

pelabuhan Padang Bai

itu perahu

nunggu kapalnya dateng

ngantri masuk kapal

nah ini  masuk kapal

di dalem kapal

jadwal kapal penyeberangan Padang Bai - Nusa Penida

ada bapak bapakkk

Sekitar jam 2 siang kapal mulai bersandar di dermaga Nusa Penida, disini banyak sekali hotel dan penginapan, gue nginep di Nusa Penida Bungalow, jaraknya sekitar 1 KM dari dermaga.
Sampai di hotel gue mandi, istirahat bentar, kemudian langsung cabut ke destinasi pertama: Kelingking Beach, joss.
Jaraknya sekitas 1 jam naik motor, rute naik turun gunung dengan jalan lumayan sempit cukup untuk 1 mobil, jadi kudu hati-hati di perjalanan apalagi kalo malem, soalnya penerangan disini kurang dan banyak tebing di kiri-kanan jalan.
Sampai di Kelingking Beach sekitar jam 5 sore, cuaca masih panas sekali. Rencana gue mau nyunset disini sekalian buka puasa.

view dari drone

cakep kan

mbaknya

jalan turun ke pantai

asoy jalannya

ngantri

Gue disini sampai sekitar jam 8 malem, badan udah capek akhirnya gue balik ke hotel.
Jalanan disini gelap karena penerangan dijalan masih kurang. Dengan jalan yg sempit dan berbelok juga nglewatin banyak tebing dan jurang sepanjang perjalanan kudu hati-hati bener biar selamat.

rekap pengeluaran hari ketiga
- Tiket kapal penyeberangan                                             Rp. 60.000,-
- Bensin motor                                                                 Rp. 10.000,-
- Tiket masuk Kelingking Beach                                         Rp. 10.000,-
- Beli air mineral buka puasa                                             Rp. 10.000,-
- Makan malam nasi goring                                               Rp. 25.000,-
Total pengeluaran hari ketiga: Rp. 115.000,-

DAY 4
Explore Nusa Penida
Jam 3 dinihari alarm udah bunyi, hari ini gue mau full explore Nusa Penida. Diawali dengan berburu sunrise di sekitar Diamond Beach dan diakhiri ke wisata rumah pohon Molentang, abis itu balik lagi ke Bali.
Sebenarnya masih kurang puas menjelajahi Nusa Penida, karena waktu yang mepet dan besok pagi udah harus ke Banyuwangi untuk balik ke Jogja.
Oke, perjalanan dimulai jam 4.30 pagi, sebelumnya gue makan sahur dulu agar nanti siang kuat haus-hausan.
Jarak tempuh dari hotel ke Diamond Beach sekitar satu jam, disini banyak spot sunrise, dari Atuh Beach, Diamond, rumah pohon, dan masih banyak lagi. Jaraknya pun berdekatan.
Gue nyunrise di atas bukit deket Diamond beach, spotnya cakep karena langsung berhadapan dengan tebing ke arah laut.
Jalan ke Diamond Beach kita harus nurunin anak tangga yang lumayan banyak banget, tangga yg dibikin dari menggerus atau membobok (apasih ?) Tebing curam.
tempat nyunrise

from top

sunrise

ini mbaknya

ini mbaknya yang tadi

Setelah puas berburu foto di Pantai Diamond, gue lanjutin perjalanan ke Rumah Pohon Molenteng, jaraknya lumayan deket sekitar 10 menit dari Diamond.
Rumah pohon ini selain buat tempat wisata juga bisa disewakan untuk menginap loh, tarifnya sekitar 300 ribuan per malam.
Cuaca udah mulai panas, sekitar jam 10 pagi gue putuskan buat balik ke hotel karena udah nggak kuat hausnya dan karena nanti jam 2 siang udah harus ke pelabuhan buat naik kapal ferry ke Bali lagi.
rumah pohon

ini juga

Sebenernya kalo mau explore Nusa Penida, minimal harus siapin waktu 2 hari, soalnya sehari disini sangat kurang untuk explore semua tempat. Masih banyak tempat yang belum gue kunjungin, dan nggak sempet juga ke pulau Nusa Ceningan dan Lembongan yang deket banget dari Nusa Penida. Okelah, mungkin bisa lain kali gue kesana lagi. Ada yang mau ngajakin ? Hehe

byee

Jam 2 siang saatnya balik ke Pulau Bali, kapal ferry ini ada 2 jadwal keberangkatan tiap 2 hari sekali, dan kapalnya cuma ada 1 aja, jadi doi bolak balik dari Nusa Penida ke Padang Bai.
Sampai di Padang Bai gue lanjutin perjalanan ke Pantai Seminyak di Denpasar buat berburu sunset terakhir di Bali karena nanti malem udah harus ke terminal untuk kembali ke Pulau Jawa.
Sebelum balik, gue sempetin makan malam ayam betutu di restoran yang kemaren.
Oke sampai jumpa lagi Bali~
seminyak

sunset

la planca

rekap pengeluaran hari ke-empat
- Makan sahur                                                        Rp. 30.000,-
- Tiket masuk Atuh Beach                                       Rp. 10.000,-
- Tiket bus Mengwi - Banyuwangi                             Rp. 50.000,-
- Tiket kereta Banyuwangi – Jogja                            Rp. 94.000,-
Total pengeluaran hari ke-empat:  Rp. 291.000,-

Alhamdulillah, setelah perjalanan panjang dari Denpasar menuju Banyuwangi, akhirnya kembali lagi ke Pulau Jawa. Masih ada sekitar belasan jam lagi di kereta menuju Jogja, tapi hati rasanya sudah puas meskipun badan capek, apalagi nggak sempet sahur karena ketiduran di kapal.
Oke, akhirnya, mari kita hitung total pengeluaran seluruhnya
Day 1                    Rp. 171.000,-
Day 2                    Rp. 128.000,-
Day 3                    Rp. 115.000,-
Day 4                    Rp. 291.000,-
TOTAL                Rp. 705.000,-

Sebenernya kalo gue nggak ada temen disono pengeluaran bisa lebih membengkak, mulai dari hotel, sewa motor, makan, dll. Tapi, syukurlah ada temen disana jadi bisa menghemat banget wkwk
Terimakasih buat mas Yahya dan mas Senja atas tumpangannya dan segala bantuan selama di Bali, maaf kalo ngrepotin, hehe
Makasih juga buat partner perjalanan mas Daffa, kamu joss. Next trip ke Thailand kita.
Oke sampai disini dulu postingan kali ini, kalo ada yang mau tanya-tanya atau minta tips perjalanan bisa koment dibawah, syukur syukur ngajakin ke Nusa Penida lagi.
BYE~

1. mas, gue baca nih kedua blog lo yang ngeteng dr Banyuwangi ke Bali (2016 n 2019), menurut lo mendingan cari cari bus setelah kita sampe gilimanuk or cari bis di pelabuhan yang tujuan Bali. btw aman gak? soalnya ane bedua cewe hahahahaha

1. Kalo naik dari banyuwangi/ketapang/pelabuhan/kapal
      (+) Nggak ribet bayar ferry, bisnya enak, bis gede, bisa langsung tidur, bisnya cepet
      (-) turun cuma di mengwi, ngga sampai ubung, lebih mahal dikit, nunggu bus dateng dateng lama/ nggak selalu standby 24 jam.
      Kalo naik bus dari gilimanuk (terminal)
      (+) Bus turun di ubung, rada murah dikit, ada 24 jam (tapi nunghu penuh), udah :|
      (-) bisnya jelee :(, bayar ferry, jalan ke terminal, cape, harus siap bercengkrama dengan calo :)))

2. Mas, kalau naik bis langsung dari pelabuhan ketapang naik bisnya dimananya? Biar ga ketipu calo

3. Tunggu depan pelabuhan aja, tunggu bus gede jurusan bali. Biasanya dari jember. Ga usah tanya sama orang sana apa petugas pelabuhan. Ntar dicaloin juga wkwk. Kalo tanya langsung sama polisi aja. Harga kemaren 50rb, bayar di dalem bus. Langsung naik aja

4. Oiya, ga usah tanya harga sama kondekturnya juga. Langsung aja kasih 50rb bilang turun denpasar.

5. Biasanya bus datang di pelabuhan ketapang jam berapa mas? Soalnya saya perkiraan datang di banyuwangi baru jam 12 siang, makasih infonya mas sangat membantu

6. Ga tentu jamnya. Tapi ada terus

2. Mas info dong lebih aman dan enak turun di terminal mengwi atau di ubung? Terus cara aman ngehindarin calo gimana mas?

1. Jangan turun terminal. Turun sebelum terminal, di masjid atau minimarket, amannya sih 1 km dari terminal. Bisa cek pake gmaps. Biar bisa pesen ojol. Bus gede cuma sampe mengwi. Bus kecil sampe ubung.

3. Mas itu di jadwal keberangkatan kapal sebenernya jam berapa aja ? Semisal disana one day doang gitu bisa ga si. Kapal yang berangkat pagi dr padangbai gt ada ga trus balik lg ke bali nya sore gitu.

1. Lihat di foto diatas bro utk jadwalnya

2. Mas, yang diatas cuma penida ke pdg bai. Dari Pdg bai ke penida jam berapa aja ya mas??

4. Kalau bis kecil yang turun di ubung itu nunggu di depan pelabuhan juga apa ke terminalnya mas ?

5. Bang, ayam betutu nya enak bgt kayanya, daerah mana bang? 😂

6. itu kapal untuk penyebrangan dri pelabuhan mana bang?
    dan untuk jadwalnya udah cocok atau ada molornya?
    karena gw baca, abang nyebrang jm 12an pdhl tertera di jadwal jm 10
    mohon info bang, rencana akhirbulan mau kesana.

1. Pelabuhan padangbai. Jadwal udah cocok sesuai gambar jadwal di artikel bang

7. Mau tanya bro,,boleh saya tau bis dari mengwi ke gilimanuk brngkt jam brpa? Karna biar saya bsa atur waktu nya enak hehe,thx bro

1. Bis 24 jam bro. Tapi jamnya menyesuaikan. Kalo rame penumpang pasti banyak bus

8. Ayo datang lagi mas ke Nusa Penida. ditunggu ya kedatangannya. ajak sanak family biar seru dan menyenangkan

9. Nusa Penida 1 hari hanya 350k/person. sudah include semua kok sampe makan siang di restoran. lets tour with us

Theme images by Sookhee Lee. Powered by Blogger.